Contact Form

Name

Email *

Message *

Cari Blog Ini

Hari Raya Idul Fitri 2023 Kapan

Jadwal Idul Fitri 2023: Pemerintah, NU, dan Muhammadiyah

Versi Pemerintah

Surat Keputusan Bersama (SKB) yang diterbitkan oleh Kementerian Agama, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 2023 jatuh pada tanggal 22-23 April 2023.

Versi NU

Nahdlatul Ulama (NU) juga telah mengumumkan jadwal Idul Fitri 2023. Berdasarkan perhitungan hisab, NU menetapkan bahwa Hari Raya Idul Fitri akan jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023.

Versi Muhammadiyah

Pimpinan Pusat Persyarikatan Muhammadiyah telah mengumumkan bahwa Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah akan jatuh pada hari Jumat, 21 April 2023. Penetapan ini berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Perbedaan penetapan jadwal Idul Fitri antara pemerintah, NU, dan Muhammadiyah disebabkan oleh perbedaan metode perhitungan yang digunakan. Pemerintah menggunakan metode rukyatul hilal (pengamatan bulan), sedangkan NU dan Muhammadiyah menggunakan metode hisab (perhitungan astronomi).

Meskipun ada perbedaan penetapan jadwal, namun semuanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menyatukan umat Islam dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan penuh khidmat dan kebersamaan.


Comments